Makna yang Tersirat Dalam qobul

TANGGUNG JAWAB SUAMI SELEPAS IJAB QOBUL

Saat ijab Qobul..

”Saya terima nikahnya si.... binti si.... dgn mas kimpoi......di bayar tunai....”.

Singkat, padat & jelas.Tapi tahukan makna “perjanjian / ikrar” tsb?

Itu tersurat. Tetapi apa pula yg tersirat?

Yg tersirat ialah :

Artinya: ”Maka aku tanggung dosa2nya si dia (prmpuan yg ia jadikan istri) dari ayah & ibunya.Dosa apa sj yg telah dia lakukan.

Dari tdk mnutup aurat hga ia mninggalkan sholat.Smua yg brhubungan dgn si dia (prmpuan yg ia jdikan istri), aku tanggung & bukan lagi org tuanya yg mnanggung. Serta akan aku tanggung smua dosa calon anak2ku”.Aku jg sadar, skiranya aku gagal & aku lepas tangan dlm mnunaikan tgungjwb, maka aku fasik,suami yg dayus & aku tahu bhwa nerakalah tempatku krana akhirnya istri & anak2ku yg akan mnarik aku masuk ke dlm Neraka Jahanam.. & Malaikat Malik akan melibas aku hga pecah, hancur badanku. Akad nikah ini bukan sj perjanjian aku dgn si isteri dan si ibu bapa isteri, tetapi ini adalah perjanjian terus kpd ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala ".

Jika aku GAGAL (si Suami)?

”Maka aku adalah suami yg fasik,ingkar & aku rela masuk neraka. Aku rela malaikat mnyiksaku hga hancur tubuhku”.(HR. Muslim)

Duhai para istri...

Bgitu beratnya pngorbanan suamimu trhadapmu.Krna saat Ijab terucap, Arsy-Nya brguncang krna beratnya prjanjian yg dibuat olehnya di depan ALLAH,dgn disaksikan para malaikat & manusia. Maka andai sj kau mghisap darah&
nanah dari hidung suamimu, itupun belum cukup utk mnebus smua pngorbanan suami trhadapmu...

Smga jd pengalaman yg sudah nikah maupun yg belum...

Subhanallah.. beratnya beban yang di tanggung suami. Bukankah utk meringankan tgungjwbnya itu berarti seorang istri hrus patuh kpda suami, mnjalankan printah ALLAH & mnjauhi larangan-Nya? Juga mndidik putra-putri qt nnti agar
mngerti tntang agama& tggjwb. Smga qt smua mjd orgtua yg dpt mberikan yg trbaik utk
anak2 qt kelak dgn agama& cinta kasih shga trcipta keluarga kcil yg sakinah,mawaddah,warahmah. Aamin Yaa Rabbal'alaminn....


Previous
Next Post »
Thanks for your comment