Membuat Kontak Form Dengan Layanan Gratis Dari EmailmeForm

Pada postingan yang lalu saya telah memposting tutorial cara membuat kontak form dengan menggunakanlayan google Docs. Sekarang saya kembali membuat tutorial yang sama tetapi untuk layanan gratis dari emailmeform .com. Salah satu website penyedia layanan gratis bagi blogger yang ingin membuat kontak form di blognya.  

Pilihan ini di dasarka oleh pengalaman menggunakan emailmeform  di beberapa blog yang lain dan ternyata hasilnya cukup memuaskan. 

Untuk mulai membuat form silahkan kunjungi dan mendaftar dulu di websitenya dengan alamat www.emailmeform.com/ . Silahkan buat account di sana. Setelah itu ikuti step by step pembuatan form di bawah ini.

1. Silahkan log in

2. Untuk mulai membuat form yang mudah sebaiknya anda membuat dengan menggunakan template.  


Jika mau yang praktis jangan klik +add Form karena jika itu maka anda akan masih di sodori kotak dialog konfirmasi apakah anda ingin membuat form dengan template atau mau buat form sendiri.

Jadi silahkan langsung saja klik Tab Template dan anda akan di bawah ke halaman form template seperti berikut ini


Seperti yang tampak diatas formnya sudah jadi alias sudah ada, tinggal di edit
Karena yang akan di buat adalah form kontak maka silahkan klik Contact form di sebelah kiri sehingga form yang terbentuk adalah form kontak dengan field nama, email, subjek dan massege.  

Mungkin anda ingin mengedit judul dan member kalimat petunjuk ( deskripsi ) serta merubah kata-kata tersebut dalam bahasa Indonesia  sehingga lebih customize. Tetapi jika tidak,  anda sudah merasa cukup baik dengan form yang sudah ada, berarti yang perlu anda lakukan hanya merubah nya menjadi  form kontak dan kemudian kembali halaman rumah ( home ) atau kembali ke my form untuk mengambil code HTML. Sekarang aggap bukan itu yang kita butuhkan.

3. Klik Customize yang ada di atas form untuk melakukan pengaturan lebih lanjut.


Untuk form Title: isi dengan judul form misalnya kontak ( hilangkan tanda ceklis di bawah form jika anda tidak menginginkan kata kontak muncul di bagian atas form di halaman blog anda.

Description: Isi dengan kalimat petunjuk untuk pengisian foem. Misalnya : Silahkan isi form di bawah ini untuk mengirim pesan kepada saya….dst

Comfirmation Option: Pilih saja yang atas( pertama ) anda dapat merubah kalimat “Success Message” dengan kalimat bahasa Indonesia. Silahkan klik “ Edit Message” untuk mengedit.

Jika anda ingin mengarahkan ke halaman lain maka pilih redirect URL kemudian masukkan link URL halaman yang dimaksud. 

Hal lain yang perlu di atur adalah Form Width : saya biasa memakai ukuran 600 pixel. Silahkan sesuaikan dengan lebar halaman blog anda. Kemudian Submit button name: saya ganti dengan Kirim pesan. Yang lainke bawah biar begit saja ngak usah di apa apain lagi. 

4. Sekarang kita edit field-field yang sudah ada. Sebenarnya tidak di edit juga ngak apa-apa karena nama field nya sudah sangat jelas. Kecuali jika mau di Indonesiakan sehingga field Name menjadi Nama, Subject menjadi Subjek dan Message menjadi Pesan. Klik saja masing-masing field tersebut dan perhatikan di sebelah kiri halaman terdapat kolom editor untuk eield yang di klik.

Jika suda selesai pengaturannya silahkan klik Save Form. Jika muncul kotak dialog konfirmasi seperti di bawah ini


Maka pilih saja Modify Email untuk mengatur pemberitahuan kontak ke email anda jika ada pesan yang di kirim ke anda melalui form ini.  Selanjutnya anda dapat mengatur sesuai keperluan, kemudian klik Save. 

Selanjutnya muncul lagi kotak di alog konfirmasi seperti gambar di atas maka saatnya anda melihat tampilan form kontak yang sudah jadi.

5. Klik Open new window and view my form, dan hasilnya seperti ini


6. Sekarang anda kembali ke My form untuk mengambil code HTML form tersebut. Caranya klik Take me back To The Form Manager yang ada di kotak dialog di atas. 


Klik Code untuk membuka danmengambil code htmlnya. Pilih saja HTML Only dan copy script nya kemudian paste di  editor HTML halaman kontak di blog anda. Nah sekarang anda sudah punya kontak form yang terintegrasi dengan blog anda. Selamat.

Semoga tutorial ini member alternative pilihan untuk penggunaan form kontak atau form untuk keperluan yang lain. Saya yakin dengan form ini visitor anda akan merasa lebih di perhatikan oleh anda

Previous
Next Post »
Thanks for your comment